Rabu, 15 Agustus 2012

THE BILLIONAIRE : TOP SECRET

"Never Surrender, because if You do, then it's Over." - Ittiphat Top

Itulah kalimat yang keluar dari bibir seorang pengusaha muda sukses asal Thailand. Kata-katanya sangat inspiratif, penuh makna dan tentunya membuat siapasaja yang membacanya untuk pantang menyerah dalam liku-liku perjalanan kehidupan.

The Billionaire : Top Secret, sebuah film produksi Thailand yang mengangkat sebuah kisah nyata dari seorang pemuda bernama Itthipat Top, yang megisahkan kehidupannya hingga menjadi salah satu miliarder muda di Thailand sebagai pengusaha Rumput Laut terbesar di Thailand dan di dunia. 

Ya, garapan film Songyos Sungmkanan kali ini tampil dan dikemas dalam genre yang cukup berbeda dari film-film sebelumnya yang bersifat komedi-romance, seperti Hello Stranger dan Suckseed. Film ini tampil beda dengan menghadirkan aktor muda berbakat Peach Pachara yang memerankan tokoh Ittiphat Top sendiri. Film ini sangat inspiratif, penuh pesan moral tentang kehidupan, petuah-petuah hebat tentang perjuangan, pengetahuan bisnis dan pemasaran. Lengkap lah kisah dari film ini yang juga diisi dengan adegan-adegan yang mencerminkan kekeluargaan, persahabatan dan percintaan.



Ittiphat Top atau yang biasa disapa "Top" adalah remaja yang kecanduan akan Game Online. Sebagian besar hari-harinya Top habiskan depan komputer bermain game. Top bahkan rela meninggalkan pelajarannya demi kesenangannya akan hobinya itu. Keuntungan yang Top peroleh dari bisnis Jual Senjata Game Online ini memang menggiurkan. Top tak segan-segan untuk menjual dan memberi tawaran harga yang begitu besar bagi pelanggan yang ingin membeli itemnya. Dengan hasil itu, di usianya yang masih seumuran anak SMA, Top sudah mampu membeli mobil mewah, PS3, dan masih banyak lagi.  Sampai pada suatu hari, akun Game Online milik Top dihapus dan dihentikan karena dianggap telah melakukan penjualan secara ilegal dan terang-terangan di dunia maya. Ya, ini tentunya membuat Top sangat frustasi. Belum lagi beban pikiran yang harus Top pikul sebab dirinya tidak diterima di Universitas Negeri. Dan juga, keungannya pun mulai menipis.
Peach Pachara memerankan Ittiphat Top
dalam film The Billionaire : Top Secret

Top tetap saja tidak kehabisan akal. Ia pun mulai menjual kacang. Top memiliki seorang Paman yang begitu setia menemani Top sepanjang hidupnya. Meskipun sudah tua, paman Top selalu mendampingi keponakannya baik dalam keadaan senang maupun susah. Suatu saat, dagangan kacang Top cukup laris. Ia kedatangan banyak pelanggan. Ini membuat Top sangat senang hingga memutuskan untuk membuka beberapa cabang dagangan kacangnya ini. Tapi sungguh disayangkan, kesenangan yang Top alami tidak bertahan begitu lama. Top diberhentikan untuk menjual produk kacangnya karena telah mengotori asap Mall tempat ia jualan. Ya, Top berjualan kacang goreng di dalam Mall. Begitu banyak cobaan yang Top harus hadapi. Cabang-cabang penjualan kacang goreng yang ia buka, kini harus gulung tikar semua. Keadaan uangnya pun makin menipis. Ditambah lagi kabar yang sangat mengejutkan datang dari kedua orang tuanya. Ayah dan Ibu Top terlilit hutang di Bank sebesar 40 juta Baht (sekitar 12 millyar Rupiah). Karena tak sanggup membayar hutang, Ayah dan Ibu Top berencana untuk berangkat ke Shanghai, Cina untuk memulai kehidupan baru. Ibu Top pun mengajak Top untuk ikut bersama mereka dan bersekolah disana. Akan tetapi, Top adalah orang yang pantang menyerah. Ia berjanji akan melunasi semua hutang keluarganya dan berjanji akan mengembalikan mereka ke Thailand kelak ia jadi orang yang sukses. Ayah dan Ibu Top tidak banyak berfikir dan mengabulkan permintaan anaknya itu untuk tetap tinggal di Thailand melanjutkan usaha dan cita-citanya.

Cobaan pun tak kunjung henti-hentinya datang kepada Top dan pamannya. Kini rumah yang Top tinggali disita oleh pihak bank. Sekarang, Top juga sudah putus sekolah. Untung dia masih punya kekasih yang setia dan perhatian sama dia. Kekasih Top sangat khawatir akan pendidikannya. Ditengah kesedihan dan kesusahan yang Top alami, ia pun menemani dan mengajak Top untuk kembali mendaftar kuliah. Top setuju. Tapi lagi lagi, kuliah Top tidak berlangsung begitu lama. Top kehabisan akal, sedih dan goyah. Rumahnya akan segera disita. Ia dan pamannya harus mecari tempat tinggal baru secepatnya.

Tao Kae Noi, produk Cemilan
Rumput Laut Ittiphat Top
Sampai pada suatu hari, Top terinspirasi untuk membuat produk baru. Produk yang telah ia coba dari kekasihnya : Rumput Laut. Perjuangan demi perjuangan ia lakukan demi menciptakan keripik rumput laut agar terasa enak dan lezat. Tapi tak jarang pula ia mengalami kegagalan. Bungkus demi bungkus rumput laut ia habiskan tapi tetap saja tidak terasa enak dan gurih, melainkan pahit. Persediaan rumput laut mentah Top sudah hampir habis. Malam harinya ia pergi untuk mengambil beberapa persediaan lagi dengan sisa uang yang masih Top punya. Malam itu hujan deras. Ketika masuk di rumah, Top melihat pamannya sudah terjatuh tak sadarkan diri di dapur akibat terpleset lantai yang begitu licin saat hujan menerkam. Ia melihat sebungkus rumput laut tergeletak di lantai, basah terkena air hujan. Top segera melarikan pamannya ke rumah sakit, dan syukurlah tidak terjadi apa-apa dengan pamannya. Top kembali berusaha untuk menciptakan Keripik Rumput Laut yang lezat di rumah. Persediaan yang Top beli semalam pun akan segera habis dan sampai saat ini, ia belum mampu mendapat rasa yang pas dari rumput lautnya. Sampai ia melihat 1 bungkus rumput laut yang tergeletak di lantai semalam. Ya, itu adalah bungkusan rumput laut yang semalaman basah karena disiram air hujan. Top pun menggoreng rumput laut itu, dan jawabannya selama ini terjawab. Rumput laut yang ssebelumnya direndam dalam air yang asin, akan memberikan rasa yang nikmat, gurih dan lezat setelah digoreng. Top dan pamannya pun mulai bekerja keras untuk memopulerkan produknya ini. Top pun ingin memasukkan produknya ini ke salah satu supermarket terbesar di dunia,7-Eleven. Meskipun Top sempat ditolak karena kemasan produknya yang begitu besar, desain kemasan yang tidak layak jual dan harga yang tidak terjangkau, akan tetapi Top tidak patah semangat untuk memperbaiki semua kekurangan produknya itu, dan kembali menemui Manajer 7-Eleven untuk memasarkan produknya. Karena kegigihannya, produk Top akhirnya diterima, dan sebagai langkah awal Top harus membuat sekita 72.000 kemasan cemilan rumput laut yang akan didistribusikan ke 27 Negara. Inilah kisah sukses dari Ittiphat Top dan Snack Rumput Lautnya "Tao Kae Noi"


Kini Top, sudah menjadi Milarder muda di negaranya dan produknya pun sudah dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Singkat cerita, setelah keberhasilannya, Top mampu melunasi semua hutang keluarganya hanya dalam 2 tahun dan kini Top dan keluarganya hidup bersama kembali di Thailand.
Kisah yang sangat menakjubkan bukan ?! Berawal dari seorang pecandu Game Online dan sekarang sudah menjadi orang yang sukses yang masih tergolong sangat muda. Bagi kalian yang punya mimpi, jangan pernah berhenti untuk bermimpi, wujudkanlah mimpi itu hingga menjadi sebuah kenyataan. Never Surrender, because if you do, the it's all OVER !!

Ittiphat Top yang asli.
Pengusaha muda ternama
Perjalanan hidup :
Usia 16 tahun, Top adalah pecandu Game Online.
Usia 17 tahun, harus putus sekolah demi menjual kacang.
Usia 18 tahun, keluarga Top bangkrut dan terlilit hutang di bank. Berangkat ke Cina untuk memulai kehidupan baru.

Usia 19 tahun, meciptakan cemilan rumput laut "Tao Kae Noi, yang berarti Pengusaha Muda" dan telah mendistribusikannya ke 27 negara.

Di usia 26 tahun, Topadalah produsen Tao Kae Noi terbesar dan terlaris di Thailand dan dunia, memiliki penghasilan 800 juta Baht per tahun (sekitar 235 millyar), mempekerjakan 2000 staf, serta memiliki lahan rumput laut pribadi di Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar