Selasa, 16 Oktober 2012

MARI BERORGANISASI



Memasuki duni perkuliahan, yang tentunya sudah menyandang kata "MAHASISWA" di pundak, membuat saya merasa terdorong untuk turut terjun ke dunia organisasi. Ya, saya tahu bahwa akademik adalah segala sesuatu yang menjadi alasan utama dan seharusnya memang dinomor-satukan, akan tetapi pengalaman untuk mengembangkan kepemimpinan dan memperoleh nilai-nilai yang tidak bisa saya dapatkan di bangku belajar, adalah tak lain dan tak bukan "BERORGANISASI". Tempat saya berproses, tempat saya belajar dan tempat saya untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Maksud dan tujuan dari tulisan ini sangat sederhana. Mengapa saya memilih organisasi tertentu untuk saya masuki dan berproses di dalamnya ?? Itu semua akan saya jawab sesingkat mungkin, tapi bisa membuat mereka yang membacanya menganggukkan kepala sambil berfikir "BENAR JUGA YAAA..."

Alasan pertama, sebagai manusia yang normal, sungguh sangat mustahil untuk dapat menyukai dan minati segala bidang dan prospek kerja. Memiliki suatu minat dan ketertarikan akan suatu organisasi membuat saya lebih gelisah untuk mengetahui segala hal mengenai organisasi tersebut. Oleh karenanya, semua organisasi yang saya masuki selama ini berawal dari ketertarikan saya untuk mengenal organisasi itu lebih menyeluruh.

Alasan kedua, tentunya setelah memiliki ketertarikan akan suatu organisasi, saya berfikir tentang peluang saya jika sudah menjadi bagian dari organisasi tersebut. Sejauh mana saya bisa berkembang dan berproses, dan sebesar apa yang bisa saya berikan kepada organisasi tersebut, dan sebaliknya, nilai apa yang bisa organisasi tersebut tanmakan kepada saya. Sehingga alasan kedua dalam memilih suatu organisasi adalah hubungan timbal-balik antara saya dan organisasi tersebut.

Alasan ketiga, meskipun terdengar agak nonsense tapi jujur alasan inilah yang paling memberikan saya efek positif. Apa itu ?? Orang-orang serta faktor lingkungan yang diciptakan dari organisasi tersebut. Saya merasa nyaman dan aman dengan hadirnya dua komponen tersebut, kader-kader yang dihasilkan dan ruang lingkup yang membetahkan.

Tulisan tadi bisa dicoba, bisa juga sekedar dibaca. Yang terpenting adalah jangan pernah takut untuk berorganisasi. Banyak orang sukses diluar sana tentunya lahir bukan hanya dari akademik semata, tetapi sebagian besar dari mereka memiliki Jiwa Kepemimpinan yang tentunya mereka tidak dapatkan di bangku akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar