Jumat, 17 Agustus 2012

BERMAIN DENGAN WARNA

Tahukah kalian bahwa "A Great First Impression comes from the Color". Ya, kesan pertama yang baik muncul karena warna. Apa maksudnya ?? I'll tell you here :) 

Dulu, saya sering bermasalah dalam berkomunikasi dengan orang lain. Alasan yang simple. Karena tidak percaya diri dengan penampilan. Memiliki paras yang tampan, tubuh yang atletis dan berdompet tebal mungkin adalah idaman setiap pria. Tapi, bagi saya itu semua hanya akan lebih menjauhkan diri dari rasa syukur akan nikmat yang telah Tuhan berikan kepada saya. Setelah sekian lama saya hidup, saya akhirnya sadar bahwa penampilan fisik dan material bukanlah segalanya. Yahhh, meskipun memang tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar Kesan yang baik berawal dari sebuah penampilan. For me it's NONSENSE!!  Langsung saja ke intinya ya..

Jika kalian bisa memulai untuk berhenti memakai Kaos Oblong dengan logo-logo besar, itu akan jauh lebih baik.
Jika kalian selalu keluar dengan membawa dompet yang luar biasa tebalnya, apapun pasti kalian bisa peroleh. Tapi keselamatan kalian bisa terancam.
Jika kalian selalu peduli dengan kebersihan dan higenitas kalian, kalian akan aman dari berbagai hal-hal memalukan. Tapi tidak begitu banyak perhatian datang ke kalian.
Jika kalian sudah mulai memutuskan untuk menggunakan pakaian yang rapih dan bersih, kalian akan terlihat lebih fresh dan menawan. Tapi hanya dengan itu, kalian masih belum berdaya.
Tapi jika kalian menggunakan kombinasi warna yang bagus, nah beda lagi ceritanya :) 

Mungkin bagi sebagian orang, warna hanyalah hal biasa. Tapi sebetulnya, warna memiliki artinya sendiri. Bagi saya, warna sangat penting. Apalagi dalam hal pemilihan dan pemaduan warna (mix & match colors) dalam berpakaian sehari-hari. Saat kalian masih kanak-kanak bahkan bayi, baju yang kalian kenakan - warna apapun itu - akan terlihat sah sah saja. Tapi ketika menginjak remaja hingga dewasa, apakah masih bisa dianggap sah ?? (only you will answer yourself )
Belajar untuk mix & match colors sama halnya dengan berolahraga : semakin sering kalian latihan dan mencoba, maka kalian akan semakin hebat dan terampil. Kesulitan pasti akan kalian temukan di awal sehingga merasa ragu dan takut untuk menggunakan kombinasi ala kalian itu. Tidak masalah, it's natural. Bahkan dulu saya pun sering mengalaminya. Tapi sekarang pengalaman lah yang berbicara.
Karena saya orang baik, saya akan memberi sedikit penjelasa tntang warna, dan juga sedikit wejangan mengenai STEPS YOU MUST LOOK OUT IN MIX n' MATCHING COLORS.

Color Wheel (Roda Warna). Roda warna ini sangat penting
dalam pemilihan warna pakaian anda

Secara umum, warna dasar/warna primer (primary colors) hanya ada 3 : Merah, Kuning dan Biru. Dengan hadirnya tiga warna ini akan menciptakan berbagai macam warna seperti yang ada di roda warna tersebut. Meskipun warna Hitam dan Putih juga termasuk warna dasar, tetapi keduanya tidak masuk dalam roda warna, sebab mereka hanya warna pelengkap sekaligus warna netral. Dapat dipadukan dengan segala jenis warna.
Bila masing-masing 2 dari ketiga warn primer ini dicampur maka akan menciptakan warna sekunder (secondary colors). For example : Merah + Biru menghasilkan Ungu. Merah + Kuning menghasilkan Orange. Kuning + Biru menghasilkan Hijau.
Begitu pula halnya bila salah satu warna primer dicampur dengan salah satu warna sekunder, akan menghasilkan warna tersier. Lihat saja di roda warnanya :)

Analogue Colors
Selain itu, ada juga yang dikenal dengan istilah Analogue Colors. Apa itu ? Analogue Colors adalah susunan 3 - 4 warna dalam roda warna yang saling bersebelahan. Daftar Analogue Colors ini juga memiliki peranan penting. Sebagian besar orang, termasuk saya sendiri sering mengacu dan berkiblat pada daftar ini dalam pemilihan warna pakian casual, fun bahkan pakaian kuliah/semi-formal :))

Nah, yang satu ini adalah penjelasan terkahir mengenai warna. Namanya adalah Complemet Colors, yaitu dua buah warna yang saling berhadapan dalam roda warna.
Complemet Colors

Jika kalian perhatikan secara seksama, warna yang saling berhadapan pada roda warna adalah warna-warna yang memiliki tingkat perpaduan yang berlawana. Sebut saja warna kuning dengan ungu. Apa yang akan kalian katakan ketika melihat orang yang memadukan kedua warna itu pada suatu kegiatan tidak sesuai. Pastinya kalian akan terkejut. Tidak sedikit dari kalian juga mungkin akan menertawainya. Jadi intinya adalah, penggunaan warna komplemen ini akan memberikan kesan yang sangat PERCAYA DIRI bagi pemakainya. Tidak salah menerapkan warna ini, tapi harus mampu menyesuaikan antara jenis warna komplemen dan proporsinya. Sebagai contoh, bila kalian mengambil warna biru tua yang berhadapan dengan warna orange. Kalian bisa menggunakan kemeja biru tua ini dipadu dengan dasi yang berwarna orange. Cukup segitu pemaduannya. Akan sangat terlihat aneh jika kalian memadukannya secara merata (kemeja biru tua + celana orange. Sangat tidak pas, bukan ?)

Oke. Ini saya bagi sedikit wejangan tentang pemilihan warna dalam berpakaian. Simak dan hayati dengan baik.
1. Peraturan paling penting. Jangan pernah menggunakan lebih dari 3 warna dalam berpakaian. Kesannya akan membuat kalian terlihat norak.
2. Bagi kalian yang berkulit gelap, jangan tambah menggelapkan diri dengan pakaian berwarna gelap pula. Hidupkan diri kalian dengan warna2 seperti Putih, Kuning, Biru.
3. Bagi kalian yang berkulit terang, tidak ada pantangan untuk memakai segala jenis warna, asalkan tidak terlalu berlebihan.
4.Sebisa mungkin hindari pakaian terlalu ketat dan terlalu longgar. Sesuaikanlah pakaian kalian dengan bentuk dan lekuk tubuh, sehingga warna yang digunakan nantinya terlihat lebih hidup.
5. Celana hitam sangat cocok untuk dipadukan dengan segala jenis warna baju. Begitu pula dengan baju putih, dapat dipadukan dengan berbagai warna celana. Tapi tetap ingat, jangan berlebihan !
6. Tentunya sangat tidak dianjurkan bagi kami wahai para anak Adam untuk menggunakan celana berwarna terang. Lengkapkan koleksi celana kalian cukup dengan warna Hitam, Putih, Abu-abu, Biru dan Cokelat.
7. Bila kalian ingin bermain aman, terapkanlah Analogue Colors dalam berpakaian. Ingat 3 warna, tidak lebih. Bila kalian ingin sesuatu yang lebih menantang, cobalah terapkan Complement Colors. Tapi ingat akan pemilihan warna dan proporsinya.
8. Aksesoris juga lumayan mendukung. Sangat dianjurkan menggunakan aksesoris berwarna netral. Bisa juga menggunakan aksesoris yang berwarna sama dengan sepatu. Atau bisa juga disamakan dengan warna minoritas yang terdapat pada baju/kemeja (bila warna kemeja lebih dari satu).
9. Tak kalah pentingnya adalah pemilihan warna pakaian yang disesuaikan dengan waktu dan tempat acara. Cobalah gunakan warna cerah pada acara2 semiformal, dan warna gelap pada acara2 formal.
10. Yang terpenting adalah PERCAYA DIRI !!!

Where there is a will, there is a way.
Jika ada kemauan, pasti ada jalan.
Semoga bermanfaat ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar